Jumat, 24 Desember 2010

NASAB RASULULLAH SAW

Rasulullah SAW adalah nabi yang ummi, rasul yang berbangsa Arab, Muhammad bin Abdullah bin Abdul Muthallib bin Hasyim bin Abdu Manaf bin Qushai bin Kilab bin Murrah bin Ka'ab bin Lu'ay bin Ghalib bin Fihr bin Malik bin An-Nadhar bin kinanah bin Khuzaimah bin Mudrikah bin ilyas bin Mudhar bin Nizar bin Ma'ad bin Adnan, dan Adnan termasuk cucu Ismail az-Zabiih bin Ibrahim al-Khalil 'alaihimas salam.
Dan, Ibunda beliau adalah Aminah binti Wahab bin Abdu Manaf bin Zuhrah bin Kilab sampai akhir nasab ayah beliau yang lalu.
Rasulullah SAW lahir di Mekah pada hari Senin tanggal 12 Rabiul Awwal 50 hari sesudah Tahun Gajah menurut pendapat yang masyhur. Manakala usia beliau sampai 40 tahun, turunlah Ruhul Amin (Malaikat Jibril) kepada beliau, dan Allah mengutusnya sebagai rahmat bagi alam semesta. Sesudah diangkat sebagai rasul, belaiu tinggal di Mekah selama 13 tahun. Kemudian beliau hijrah ke Madinah dan tinggal di sana selama 10 tahun. Beliau wafat di Madinah pada tahun 11 Hijriyah dan dikuburkan di sana dalam usia 63 tahun.
Beliau hidup di dalam kuburnya dan bisa mendengar shalawat orang-orang yang mengucap shalawat serta salam orang-orang yang mengucapkan salam atasnya.
Diriwayatkan dari beliau: "Di mana pun kamu berada, ucapkanlah shalawat atasku, sebab shalawatmu itu sampai kepadaku."(1) Beliau juga bersabda: "Perbanyaklah mengucap shalawat atasku pada malam yang terang dari hari yang cerah, sedang shalawatmu itu akan diperlihatkan kepadaku." (2)
Beliau juga bersabda: "Tak ada seorang pun mengucapkan salam atasku kecuali Allah mengembalikan ruhku kepadaku sehingga aku membalas salam atasnya."(3)
Keterangan:
(1) Dikeluarkan oleh At-Thabrani dalam Al-Kabir (2729) dan Al-Ausath (365) dari hadis Al-Hasan bin Ali ra. Ia berkata dalam Al-Majma' (10/162): "Dalam sanadnya terdapat Humaid bin Abi Zainab, dan aku tidak mengenalnya. Sementara para perawi lainnya adalah perawi-perawi hadis shahih." Hadis senada dikeluarkan oleh Abu Daud (2042), Ahmad (2/367) dan lain-lain dari hadis Abu Hurairah, dan sanadnya shahih menurut Ibnu Hajar dalam Al-Fath (6/488)
(2) Dikeluarkan oleh At-Thabrani dalam Al-Ausath (241) dari hadis Abu Hurairah dan dalam sanadnya terdapat seorang perawi yang dha'if sebagaimana yang disebutkan dalam Al-Majma (2/169). Al-Baihaqi merilisnya dalam As-Syu'ab (3034) dari hadis Ibn Abas ra, dan ia berkata: "Ini adalah sanad-sanad yang dha'if sama sekali."
(3) Dikeluarkan oleh Abu Daud (2041) dan lain-lain dari hadis Abu Hrairah ra.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar